Laman

Jumat, 19 Agustus 2011

Kunci Untuk Mencapai Relaksasi

Banyak Orang yang masih bingung untuk mendiskripsikan atau untuk merasakan dirinya sudah rileks atau belum ketika belajar relaksasi hypnobirthing. Nah untuk mencapai relaksasi, ada dua kunci. Apa saja kuncinya?
Pertama adalah Observasi latihan ini sangatlah penting hal ini juga diajarkan kepada pendamping. Untuk melakukan observasi dengan baik, anda dapat melakukan latihan seperti dibawah ini:
Ø Atur posisi anda senyaman mungkin.
Ø Tegangkan dan kencangkan otot-otot di wajah anda sesaat (lakukan beberapa saat) dan sekarang relakskan.
Ø Sekarang tegangkan kedua bahu anda sangat kuat. Hanya rasakan ketegangan tersebut sampai anda benar-benar menyadari dan merasakan ketegangan tersebut. Setelah anda benar-benar merasakan ketegangan tersebut kemudian lepaskan dan relakskan.
Ø Kemudian tegangkan sebagian kecil dari otot di wajah anda (bisa rahang, bisa mata) rasakan sejenak kemudian relakskan.
Ø Lakukan tahapan ini beberapa kali secara berulang. Kemampuan anda untuk dapat mengobservasi otot yang tegang dan otot yang rileks sangat membantu anda untuk lebih tanggap terhadap keadaan tubuh anda
Ø Kemudian sekarang tegangkan dan kencangkan seluruh ekstremitas anda (tangan dan kaki) rasakan sesaat lalu rilekskan kembali
Ø Tegangkan sebagian kecil dari tubuh anda (contohnya dipaha) rasakan sesaat kemudian relakskan.
Tujuan dari latihan observasi diatas adalah untuk melatih ibu juga pendamping persalinan agar lebih tanggap dengan segala ketegangan yang ada di dalam tubuh dan dapat membedakan antara kondisi tubuh yang tegang dengan kondisi yang rileks.
Kunci yang kedua adalah secara sadar mampu melepaskan segala ketegangan. Relaksasi hypno-birthing bukanlah sekedar seperti relaks saat anda hendak tidur. Karena pada saat anda hendak tidur biasanya anda akan naik ke tempat tidur dan menunggu sampai seluruh tubuh anda relaks dengan sendirinya. sedangkan pada saat proses persalinan anda harus mampu melakukan observasi terhadap ketegangan yang anda rasakan kemudian secara sadar melepaskan semua ketegangan tersebut. Pada saat anda berlatih, jangan mudah merasa puas tetapi lakukan latihan secara terus menerus dan dengan sungguh-sungguh terutama di trimester akhir kehamilan anda supaya anda dapat merasakan relaksasi di seluruh tubuh anda.
Mari dilatih. Supaya Anda semakin terampil sehingga saat persalinan tiba secara otomatis Anda mampu melakukan relaksasi bahkan saat kontraksi sekalipun.
Untuk berlatih relaksasi hypnobirthing Anda dapat mengikuti di Klinik Herbal Cipto Husodo Ungaran
Klinik Herbal Cipto Husodo
Alamar :Perum Griya Sakinah Jl. Madinah Raya No.4 Ungaran
Terlp.02470405621 - 088215276646-081575071646

Tidak ada komentar:

Posting Komentar