Laman

Jumat, 19 Agustus 2011

PANDUAN RELAKSASI MASA KEHAMILAN



 
Bagi wanita hamil, apalagi seorang primigravida hampir semuanya mengalami kekhawatiran, kecemasan, dan ketakutan baik selama hamil, saat menghadapi persalinan, maupun setelah persalinan. Kecemasan yang mereka rasakan umumnya berkisar mulai dari khawatir tidak bisa menjaga kehamilan sehingga janin tidak bisa tumbuh sempurna, khawatir keguguran, takut sakit saat melahirkan, takut bila nanti di jahit, bahkan lebih ekstrim lagi mereka merasa takut terjadi komplikasi pada saat persalinan sehingga dapat menimbulkan kematian, bahkan kadang kekhawatiran yang tidak rasionalpun sering kali muncul dalam benak ibu hamil. Apalagi pada ibu primigravida atau secundi yang pernah merasakan trauma persalinan, biasanya mereka akan mengalami kecemasan saat mendekati hari H persalinan. Bagi sebagian wanita, proses melahirkan dianggap identik dengan peristiwa yang menakutkan, menyakitkan dan lebih menegangkan dibanding peristiwa manapun dalam kehidupan. Dan tugas bidan/dokter adalah mengatasi dan membantu mengurangi kecemasan yang dirasakan klien.

Sesungguhnya hypno-birthing merupakan tehnik lama yang dahulu sering diajarkan dan dilakukan oleh orang-orang tua kita. Dan saat ini dijelaskan dengan penjelasan ilmiah dan dilengkapi dengan berbagai riset/penelitian, sehingga dapat dilakukan secara terprogram sehingga hasil yang diperoleh menjadi lebih optimal. Metode hypno-birthing merupakan salah satu tehnik outohipnosis (selfhipnosis) atau swasugesti, dalam menghadapi dan menjalani kehamilan serta persiapan melahirkan sehingga para wanita hamil mampu melalui masa kehamilan dan persalinannya dengan cara yang alami, lancar, dan nyaman (tanpa rasa sakit). Dan yang lebih penting lagi adalah untuk kesehatan jiwa dari bayi yang dikandungnya.
Metode hypno-birthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang holistic/menyeluruh (Body, Mind and Spirit) maka di saat persalinan, wanita dan juga pendampingnya (suami), akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, nyaman, tenang dan memuaskan, jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit. Dengan kata lain, jika pikiran dan tubuh mencapai kondisi harmoni, maka alam akan bisa berfungsi dengan cara yang sama seperti pada semua mahluk lainnya. Metode hypno-birthing ini juga dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang cukup, calon ibu dan pendampingnya saat persalinan akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, tenang, nyaman dan memuaskan, jauh dari rasa takut dan cemas yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit.
Melalui latihan-latihan yang diberikan oleh bidan/dokter, wanita hamil bisa mengkondisikan tubuh dan jiwa/pikiran secara harmonis selama kehamilan hingga mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan. Dengan demikian, tercipta rasa tenang dan rasa yakin bahwa tubuhnya akan mampu berfungsi secara alami dalam proses tersebut. Sebab setelah belajar memasuki kondisi relaksasi yang dalam, wanita hamil akan mampu menetralisir rekaman negatif yang ada di alam/jiwa bawah sadarnya serta menggantinya dengan memasukkan program positif/ reprogamming.
Bukan itu saja, dalam latihan hypno-birthing ini wanita hamil juga akan terlatih untuk lebih peka terhadap janinnya, sehingga akan mampu berkomunikasi dengan janin, bahkan bekerjasama ketika menjalani proses persalinan. Karena sesungguhnya janin atau bayi di dalam kandungan juga memiliki body, mind dan spirit. Meski body/tubuhnya masih kecil, mind/jiwa baru punya unsur perasaan, janin sudah memiliki spirit/roh. Dan, justru karena pada bayi baru memiliki unsur jiwa perasaan, dengan rajin melakukan relaksasi, ibu akan lebih mudah berkomunikasi dengan “Spirit baby-nya“.
Proses Hypno-birthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu fikiran, serta mengendalikan nafasnya. Klien ibu hamil dapat melakukan ini sendiri (self hipnosis) atau dengan pimpinan pendamping persalinan/ bidan. Bisa dengan memberikan afirmasi verbal yang membantu untuk memasuki kondisi tenang (calm state) dari hipnosis. Bisa juga dilakukan melalui visualisasi (membayangkan bunga yang bermekaran, melihat pelangi, melihat apa yang akan terjadi kepada seseorang dll) maupun dengan mengunakan gerakan idio motor untuk mencapai relaksasi.
Teknik hypno-birthing sangatlah sederhana dan mudah. Dan kunci untuk mencapai keberhasilan dari metode ini adalah praktek baik di kelas antenatal maupun di rumah sehingga teknik-teknik dalam hypno-birthing bisa menjadi kebiasaan bagi ibu untuk mencapai dan menciptakan kondisi relaksasi selama kehamilan dan menghadapi persalinan. Untuk mencapai keberhasilan yang lebih optimal, dalam mempraktekkan metode ini, ibu memerlukan seseorang yang mampu membimbingnya untuk selalu berlatih, disinilah perlunya peran pendamping. Pendamping disini adalah mitra/patner ibu entah itu suami atau orang terdekat ibu. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mengajak dan melibatkan suami/ patner ibu saat memberikan pelatihan hypno-birthing selama antenatal. Sehingga suami bisa menjadi motivator bahkan pembimbing bagi ibu untuk selalu berlatih teknik relaksasi hypno-birthing.
Nah bagaimana panduan relaksasi untuk masa kehamilan?
Berikut ini contoh panduan relaksasi yang bisa Anda gunakan:
Kehamilan adalah suatu proses alami yang pasti terjadi oleh semua wanita normal….. Suatu reaksi berantai yang sangat mengagumkan dan membentuk ikatan seumur hidup yang takkan terpisahkan. Relaksasi dan Hypno-birthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan selama hamil, proses melahirkan dan masa nifas.
Saat ini saya akan memandu ibu untuk melakukan relaksasi untuk kehamilan Anda, silahkan mengikuti langkah demi langkah, Anda akan merasakan ketenangan pikiran, kedamaian dan kenyamanan. Silahkan mempersiapkan diri Anda dengan mengambil posisi yang paling nyaman, kaki tidak disilangkan telapak tangan kanan diletakkan diatas pangkuan paha kanan … dan telapak tangan kiri diletakkan diatas panggkuan paha kiri …. Mulut Anda menutup dengan lembut dan letakkan ujung lidah Anda di langit-langit dimana gigi-gigi dan langit langit Anda bertemu dan resapi sensasi relaksasi yang indah menyebar keseluruh tubuh. tersenyumlah….sebelum melakukan relaksasi awali dahulu dengan berdoa mohon bimbingan dan perlindungan dari Tuhan YME….selama relaksasi apabila ada pikiran-pikiran yang datang sementara biarkan saja…pikiran manusia tidaklah abadi, kadang dating dan kadang pergi arahkan saja indra pendengar Anda ke music dan suara panduan saya.
Sekarang tutup mata Anda perlahan-lahan dengan lembut, ikuti semua sugesti yang saya berikan ke pikiran Anda, gunakan imajinasi dan kreatifitas Anda……tarik nafas yang dalam melalui hidung….tahan sampai empat hitungan…lalu hembuskan perlahan-lahan melalui mulut sambil berkata rileksss dengan lembut,…Arahkan pikiran dan diri Anda hanya pada suara panduan saya, music merupakan sarana sarana untuk membantu Anda menjadi lebih rileks dan suara-suara disekeliling Anda semakin membantu Anda untuk memasiki alam relaksasi Anda lebih dalam lagi….istirahatkan pikiran dan diri Anda…..tetaplah arahkan indra pendengaran dan pikiran Anda pada suara panduan saya….lakukan sekali lagi…. tarik nafas yang dalam melalui hidung….tahan sampai empat hitungan…lalu hembuskan perlahan-lahan melalui mulut sambil berkata rileksss dengan lembut…Rasakan tubuh Anda sekarang menjadi semakin rileks dan nyaman…bagus sekali.
Sekarang, arahkan perhatian Anda pada bagian atas kepala Anda…rasakan sensasi yang terasa disana…rasakan dan perintahkan kepada kulit kepala Anda agar rileks…semakin rileks…dan semakin rileks..lakukan ini sambil tetap tersenyum….sekarang bawa rasa nyaman dan rileks dari kepala Anda dan sebarkan rasa rileks dan nyaman itu di wajah Anda….rasakan otot wajah Anda…menjadi rileks dan sangat nyaman…
Rasakan kini rasa rileks dan nyaman itu….menyebar kedua bahu Anda..ya…bagus sekali…..kemudian turun ke dada Anda…rasakan otot-otot dada menjadi nyaman dan sangat rileks…kemudian rasakan otot diperut Anda juga terasa nyaman…Kini…rasakan otot-otot punggung dan pinggang Anda rasakan sensasi relaksasi menyebar keseluruh otot-otot di pinggang dan punggung Anda..rasakan juga sensasi rileksasi menyebar ke kedua tangan Anda…paha Anda…kaki Anda dan seluruh bagian di tubuh Anda…rasakan rasa nyaman diseluruih tubuh Anda….kini seluruh tubuh Anda menjadi sangat rileks dan nyaman…Anda merasa semakin rileks…dan semakin tenang…
Ambil nafas yang panjang dari hidung….dan secara perlahan-lahan, buang nafas dari mulut….fokuskan pikiran dan diri Anda hanya pada suara panduan saya. Istirahatkan pikiran dan diri Anda. gunakan imajinasi dan kreatifitas Anda……
Ambil nafas panjang dan dalam melalui hidung….dan hembuskan perlahan-lahan melalui mulut Anda. arahkan pikiran dan diri Anda hanya pada suara saya, music merupakan sarana untuk membantu Anda menjadi lebih rileks dan suara-suara disekeliling Anda semakin membantu Anda untuk memasuki alam relaksasi Anda jauh lebih dalam…
Rasakan diri Anda semakin rileks seiring dengan hitupan nafas....(Tunggu Sejenak)
Dan lepaskan segala stres dan ketegangan
Sambil menghembuskan nafas...(tunggu sejenak)
Rasakan seluruh bagian tubuh Anda menjadi segar dan bugar seiring dengan tarikan nafas Anda (tunggu sejenak)
Dan lebih hanyut lagi ke alam rileksasi ketika Anda menghembuskan nafas (tunggu sejenak)...Bagus sekali.
Bayangkan sekarang nAnda berlabuh disuatu tempat yang hening dan damai dalam diri Anda...Rilekslah lebih dalam lagi sambil Anda mendamaikan diri dan sambil mendengarkan nafas Anda mengiringi istirahat yang hening perasaan Andapun semakin rileks dan tenang.
Bayangkan diri Anda diselimuti oleh cahaya matahari yang hangat dan biarkan cahaya matahari ini merilekskan jari semari kaki , telapak kaki dan paha Anda... Alami dan rasakan kehangatan sinar mentari itu masuk ke dalam daerah paha, pinggul dan perut Anda...rasakan kehangatan dan rasakan kenyamanannya. Lihatlah cahaya tersebut menghangatkan dan merilekskan seluruh oragan dalam tubuh Anda ...bagus sekali
Rasakan cahaya ini membuat alur nafas Anda semakin leluasa..rasakan cahaya ini merilekskan Anda dan sekaligus memberikan energi bagi Anda pada saat yang bersamaan. Dan izinkan cahaya in terus berjalan melewati leher dan kepala Anda nikmati sensasi kenyamanan ini mengalir keseluruh tubuh Anda dan masuki alam relaksasi Anda jauuuh lebih dalam…jauuuh lebih dalam dari sebelumnya.
(setelah klien masuk dalam kondisi deep relaksasi, LAKUKAN SUGESTI YANG SESUAI UNTUK IBU HAMIL DISINI)
Anda hanya menerima sugesti yang bermanfaat bagi pikiran dan diri Anda…. pikiran dan diri Anda mengikuti semua sugesti dengan cara yang sesuai dan ideal bagi pikiran dan diri Anda dan dalam jangka waktu yang sesuai dengan pikiran dan diri Anda…Anda akan menyesuaikan sugesti yang saya berikan ke dalam diri Anda….dan sugesti yang saya berikan masuk kedalam pikiran dan diri Anda 100 kali lipat lebih dalam dari sebelumnya….dan efek dari sugesti yang saya berikan pada pikiran dan diri Anda menguat 100 kali lipat lebih kuat dari sebelumnya
Saat ini Anda adalah seorang wanita yang luar biasa, wanita yang sedang mengandung buah cinta kasih Anda. Kehidupan baru sedang terbentuk, tumbuh, berkembang dan bergerak di dalam tubuhmu. Suatu keajaiban yang Anda alami…semuanya terasa indah, alami dan menyenangkan….Anda mempercayai tubuh Anda, Tubuh Anda sehat dan kuat. …. Tubuh Anda mengetahui bagaimana caranya melindungi bayi Anda memberikan kenyamanan bagi bayi Anda dan merupakan tempat yang paling ideal bagi bayi Anda untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan sempurna.
Tubuh Anda mengetahui cara yang terbaik bagi proses kelahiran bayi Anda. Dan kehamilan ini adalah sebuah peristiwa yang alami. leher rahim Anda dengan kuat dan dengan aman menjaga bayi Anda…tubuh Anda adalah tubuh yang kuat dan sehat. Anda adalah seorang pribadi yang sehat dan kuat. Anda juga mengetahui bahwa persalinan merupakan suatu peristiwa indah dan alami. Bayi Anda aman dan nyaman dalam rahim Anda...bayi Anda tumbuh dengan sempurna dalam rahim Anda yang penuh kasih…rahim Anda adalah sumber cahaya dan cinta kasih bagi bayi Anda…. Aku menyenangi makanan-makanan yang mengandung zat gizi yang baik, berguna dan mendukung untuk kesehatan Anda dan bayi Anda.. .Anda adalah wanita yang tangguh. Anda merasa yakin, aman dann nyaman…dan Anda bahagia dengan kehamilan ini. Tubuh Anda adalah sempurna bagi bayi Anda, Tubuh Anda menjadi yang lebih kuat setiap hari. Anda merasakan kedamaian dan ketenangan
Dengan mata bathin Anda bayangkan, lihat dan rasakan kehadiran buah hati Anda …rasakan sensasi sentuhannya…rasakan gerakannya…rasakan getaran dan detak jantungnya…dan…katakana pada bayi Anda bahwa Anda sangat mengasihi dia..
Ambil nafas dalam dan ciptakan kedamaian dan kenyamanan di seluruh tubuh Anda. Bernafaslah pelan…penuh percaya diri dan lembut…setiap kali Anda menghirup udara, hiruplah relaksasi dan kedamaian. Dan setiap kali Anda menghembuskan udara, keluarkan semua stres dan ketegangan. Serahkan semua proses kehamilan Anda pada tubuhmu, percayalah padanya bahwa tubuh Anda adalah yang terbaik bagi bayi Anda.
Dengan mata batin Anda rasakan dan ciptakan kebahagiaan yang luar biasa disaat Anda merasakan kehadiran bayi Anda.. Saksikan bahwa kalian membentuk sebuah ikatan bathin yang kuat dalam kehidupan ini…dengan mata batin Anda lihat dan rasakan kehadiran bayi Anda, byangkan bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan sempurna di dalam rahim Anda…dan Anda merasakan kebahagiaan yang luar biasa.
Tarik nafas dari hidung dan buang nafas perlahan-lahan. …Anda telah merasakan relaksasi yang sangat dalam…tenang…dan nyaman…saya akan membimbing Anda untuk naik ke kesadaran normal…dengan menghitung perlahan ..mulai 1 sampai 5.
Untuk setiap hitungan naik…kesadaran Anda mulai naik… dan pada hitungan ke lima Anda bangun dalam keadaan sehat, segar, bugar dan siap menjalani kehamilan ini dengan penuh sukacita.
Satu …ambil nafas panjang dan kirimkan kedamaian kedalam seluruh tubuh Anda, sambil persiapkan diri Anda untuk bangun dan buang nafas perlahan-lahan.
Dua…rasakan kedamaian dalan diri Anda
Tiga… tiap tarikan nafas yang Anda lakukan perlahan-lahan membangunkan Anda dan membiarkan sugesti yang saya berikan menjadi realita dalam kehidupan Anda.
Empat…bersiaplah untuk bangun…
Lima…Anda bangun dengan keadaan sehat, nyaman …. Rasakan kepuasan dan kenyamanan ini…yakinlah pada diri Anda bahwa Anda menjadi yang terbaik bagi Anda, janin dan keluarga Anda.
Nah selamat Mencoba
Salam Hangat

Klinik Herbal Cipto Husodo
Alamar :Perum Griya Sakinah Jl. Madinah Raya No.4 Ungaran
Terlp.088215276646-081575071646
sumber : Bidan Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar